Tim dukungan pelanggan kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!

Teluk Biru, Tersembunyi Surga Bawah Laut di Banyuwangi

Satu lagi surga tersembunyi di Banyuwangi yang masih belum terkenal seperti green bay, pulau merah, kawah ijen, dll. Yang mempunyai nama hampir mirip dengan green bay, yaitu Blue Bay. Teluk yang satu ini berbeda dengan green bay. Jika green bay mempunyai keindahan pasir putih dan warna air lautnya yang kehijauan. Kalau Blue Bay mempunyai keindahan bawah laut yang indah. Teluk Blue Bay salah satu alternative snorkeling di banyuwangi selain pantai bama di baluran atau pulau tabuhan. Keindahan bawah laut Blue Bay tidak kalah dengan kedua wisata diatas. Laut disini juga masih asri dan belum terekpose, terbukti dari warna lautnya yang biru jernih. Itulah kenapa teluk ini dinamakan teluk biru atau Blue Bay.

Teluk Biru

Agar tidak terjadi lagi pengeboman ikan, kawasan ini dilindungi oleh komunitas sekitar yang bernama Gemuruh (Gerakan Muncar Rumahku). Komunitas ini mempunyai beberapa kegiatan pelestarian lingkungan. Diantaranya adalah penanaman fish apartement, transplantasi terumbu karang, dan penanaman pohon mangrove yang bertujuan untuk menyelamatkan alam sekitar. Disini juga terdapat budidaya kerang mutiara PT. DISTY.

Lokasi Teluk Biru berada di Muncar Banyuwangi di balik semenanjung Sembulungan, Teluk ini masih masuk di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Masyarakat sekitar menyebut teluk biru dengan sebutan Selanggrong. Jadi jika anda bertanya kepada masyarakaat sekitar dengan bertanya teluk Biru, anda tidak akan mendapatkan informasi yang anda cari. Jadi bertanyalah dengan sebutan Selanggrong.

Teluk Hijau

Di teluk biru memang ada sedikit kesamaan dengan teluk hijau makanya jangan sampai keliru memilih tujuan berlibur, di karnakan nama atau tempat yang hampir sama, dan yang menjadi perbedaan antara Teluk Hijau dan Teluk Biru adalah keindahan lautnya. Dimana kalau Teluk Hijau itu lebih condong keindahan pasir putihnya dan air lautnya, yang berwarna kehijau-hijauan sedangkan Teluk Biru itu lebih condrong keindahan bawah lautnya, yang mana terumbu karangnya yang sangat indah dan eksotis. Sehingga kerap menjadi tujuan utama para wisatawa yang suka snorkeling atau yang suka berfoto-foto (selfi) di sekitar terumbu karang, yang indah dengan di hiasi ikan-ikan yang lucu dan unik. Maka jangan ragu-ragu lagi untuk pergi ke Teluk Biru yang ada di kota Banyuwangi.

Untuk akses darat menuju Teluk biru masih belum ada, jadi anda harus menyewa perahu atau kapal boat untuk pergi kesana. Dikarnakan Teluk Biru ini masih belum di kenal oleh banyak wisatawan dan pengelolahannya pun masih belum maksimal. Maka harus menggunakan penyewaan kapal boat untuk pergi kesana, dan harga pasaran menyewa perahu di banyuwangi sekitar Rp 300.000 sampai harga Rp 500.000. Ombak di daerah muncar cukup besar, jadi kalau mau datang di pagi hari sampai siang hari agar menjaga keselamat para wisatawan. Karena kalau di sore hari para nelayan tidak mau mengantarkan dikarena ombaknya yang terlalu besar. Lama perjalanan dari Muncar ke Teluk Biru sekitar 2 jam perjalanan. Waktu terbaik pergi ke Teluk Biru adalah di Jam 2 dini hari sehinnga anda bisa menikmati sunrise di tengah laut.

Leave a Reply


Get a Question?

Do not hesitage to give us a call. We are an expert team and we are happy to talk to you.

08111 808 194

[email protected]

SEARCH FOR TOUR

Recent Tours

Pulau Kaliage

Pulau Putri Cottage

Pulau Putri

genteng kecil

Pulau Genteng Kecil