Tim dukungan pelanggan kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.

Already a member?

Login

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.

Already a member?

Login

Sebelum liburan ke Raja Ampat, sebaiknya kalian analisa terlebih dahalu tentang si Surga Alam Bawah Laut tersebut. Raja Ampat adalah tempat liburan yang menjadi impian banyak orang terutama buat para pecinta diving dan pemuja pantai. Tapi, karena tempatnya sangat jauh dari kota-kota besar di Indonesia, serta biaya yang di keluarkan juga tidak murah membuat kamu jadi keki, bener kan?

Di tambah banyak banget kasus penipuan yang di lakukan agen travel dengan kedok harga murah seperti yang baru-baru ini terjadi. Raja Ampat itu mahal jangan langsung terlena jika ada yang menawarkan anda dengan harga murah bisa jadi anda sedang di tipu!!!

Tapi jangan khawatir masih banyak agen travel yang terpercaya dan expert mengenai Tour Raja Ampat salah satunya www.raja-wisata.com yang telah terbukti kredibilitasnya di Raja Ampat.

Baik, sebelum kamu berangkat ke Raja Ampat simak dulu artikel kita berikut ini :

 

Kenapa Raja Ampat ?

Alam Yang Masih Sangat Terjaga

Pianemo 1

Setelah sekian lama seakan tersisihkan, wilayah Indonesia bagian timur mulai menggeliat dan memamerkan pesona mereka, dengan berbagai resources pariwisatanya. Salah satu yang paling terkenal di antaranya adalah Raja Ampat.

Saat ini tidak ada yang tidak kenal dengan Raja Ampat. Destinasi wisata yang terletak di Papua Barat ini telah terkenal hingga tingkat internasional. Keindahan alam lautnya jarang ada yang menandingi. Terbukti dengan telah begitu banyaknya penghargaan yang menghampirinya.

Penghargaan terakhir yang diterima Raja Ampat adalah dari Dive Magazine. Majalah diving dari Inggris ini menobatkan Raja Ampat sebagai spot diving terbaik di dunia. Pencapaian tersebut tentunya berkat kesigapan pemerintah dan operator swasta yang selalu siap menjaga keaslian dan keasrian alamnya. Sehingga pengunjung yang melakukan Tour Raja Ampat akan selalu terkesan karenanya.

 

Kearifan Masyarakat Lokal

Masyarakat Lokal Papua

Kearifan lokal yang terjaga dikalangan penduduk asli membuat kawasan indah ini selalu terjaga kebersihannya. Banyaknya ekosistem tidak membuat penduduk dengan seenaknya mengambil guna untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bukan hanya itu, bahkan untuk mendapatkan gurita nelayan di papua masih menggunakan cara tradisional, yaitu dengan menggunakan tangan sendiri. Mereka akan mencari gurita disaat air laut surut, dengan mengandalkan daun kelapa agak kering yang dibakar untuk penerangannya.

Bukan hanya itu, penduduk tidak pernah memberi makan binatang liar dan berdekatan dengan mereka agar kelangsungan hidup mereka tidak terganggu oleh penduduk sekitar. Dengan selalu menjaga kearifan lokal, penduduk sekitar telah sangat membantu kelangsungan kehidupan ekosistem dan kekayaan alam dari Pulau Raja Ampat. Jadi, buat kamu pengunjung jangan sekali-kali merusak alam Raja Ampat ingat yah.

 

Tempat Yang Bisa Kamu Kunjungi di Raja Ampat

  1. Wayag

Wayag 1

Wayag adalah Ikon Raja Ampat, yang datang ke Raja Ampat haruslah mengunjungi destinasi ini. Wayag merupakan pulau terjauh dari Raja Ampat. Oleh karena itu, untuk tiba di tempat ini, diperlukan enam hingga tujuh jam perjalanan dengan speedboat dan harus berangkat pada malam atau subuh. Atau kalau kita ingin mendapatkan banyak momen sebaiknya kita menginap di sekitar area Wayag, ada International Conservation di sini. Kita bisa meminta tolong bantuan mereka untuk mengantar kita berkeliling dan menaiki puncak bukit karst di Wayag.

Pulau berbukit ini berpasir putih dan dikelilingi pulau-pulau kecil lainnya. Untuk mendapatkan foto atau pemandangan yang indah, kita harus menuju puncak bukit yang bisa ditempuh selama satu hingga 2 jam mendaki di atas karang. Dari puncak bukit ini, kita bisa melihat seluruh pemandangan Raja Ampat.

 

  1. Pianemo

Pianemo 2

Pulau yang berada di Distrik Waigeo Barat ini menyimpan sejuta pesona keindahaan alam bahari yang sayang untuk dilewatkan. Gugusan bukit karst yang terhampar di kawasan ini tak kalah cantik dengan keindahan gugusan karst di Pulau Wayag yang telah menjadi ikon Raja Ampat. Bedanya, bentuk gugusan pulau karang di Pianemo lebih kecil karena itu banyak yang menyebut Pianemo sebagai Pulau Wayag mini.

Pianemo relatif lebih mudah dijangkau. Dari pelabuhan Waisaiyang merupakan pusat Administrasi Kabupaten Raja Ampat, perjalanan ke Pianemo bisa ditempuh sekitar 2—3 jam tergantung keadaan cuaca dengan speedboat atau kapal.

 

  1. Batu Pensil

Batu Pensil 1

Menjelajahi kawasan Teluk Kabui di Raja Ampat, kamu bisa berjumpa dengan Batu Pensil yang unik. Inilah ikonnya Teluk Kabui yang paling terkenal.

Batu Pensil, begitulah nama destinasi satu ini. Bentuknya berupa batu raksasa yang berdiri tegak di tengah lautan Teluk Kabui, Raja Ampat. Sekilas, bentuknya memang tak mirip dengan pensil, namun para wisatawan sudah terlanjur mengenalnya sebagai Batu Pensil. Batu Pensil bak tiang raksasa yang berdiri di tengah lautan Teluk Kabui, Raja Ampat. Tidak ada yang tahu kapan Batu Pensil ini berdiri. Mungkin usianya sudah ratusan, bahkan mungkin sudah ribuan tahun. Dahulu, orang yang pertama kali menemukan batu ini menganggap batu tersebut bentuknya mirip dengan pensil. Namun setelah diamat-amati, bentuknya tidak mirip-mirip amat dengan pensil hehe.

 

  1. Friwen

Friwen 1

Friwen adalah sebuah desa yang berada di Pulau Waigeo Raja Ampat. Friwen Wall merupakan salah satu spot untuk menikmati keindahan Terumbu Karang Raja Ampat. Friwen tentu menyimpan beragam keindahan alam. Friwen sendiri memiliki keindahan alam berupa air laut dan pasir pantainya yang putih dan bersih.

Friwen merupakan salah satu spot diving ataupun snorkling di Raja Ampat untuk menikmati keindahan biota laut Raja Ampat. Terumbu karang di Friwen Wall sangat indah loh, ditambah lagi air laut disini yang bersih dan jernih akan menemani kamu selama melakukan aktivitas dengan air seperti berenang,  snorkling ataupun diving. Pastikan kamu akan siap untuk berenang-renang di lautan indah khas dari Raja Ampat.

 

  1. Arborek

Desa Arborek 1

Desa Arborek bangkit sebagai pelopor di antara 18 desa yang indah di Papua Barat, yang telah memulai mengembangkan peraturan lokal  mengenai konservasi laut berbasis kemasyarakatan, dan baru-baru ini mengklaim juara 1 Lomba Desa Provinsi Papua Barat pada tahun 2015, desa Arborek telah mendapatkan reputasi yang luar biasa di antara otoritas lokal dan masyarakat internasional. Dengan bantuan dari pemerintah pusat dan daerah, dari pusat penelitian, dan organisasi non-pemerintah, masyarakat setempat telah berhasil merumuskan peraturan setempat.

Dengan populasi hanya 197 jiwa, interaksi dengan penduduk setempat adalah pilihan Homestay yang tersedia di pulau ini. Menemukan keindahan bawah laut tidak begitu sulit di sini. Sepanjang dermaga Arborek, penyelam bisa langsung terjun ke air dan langsung menemukan pencahayaan yang paling menarik atas keliauan gorgonian yang tepat di bawah permukaan. Orang-orang di Arborek sangat ramah dan sangat rajin, menciptakan kerajinan tangan yang luar biasa, seperti dari daun pandan laut dan meluangkan sebagian besar waktu mereka setiap hari. Desa Arborek sangat menarik baik di bawah air maupun di desa itu sendiri.

 

  1. Telaga Bintang

Telaga Bintang 1

Tak jauh dari Bukit Piaynemo yang termasyur di Raja Ampat, terdapat satu lagi destinasi yang tak kalah ajaibnya. Namanya Telaga Bintang, laguna yang dikelilingi bukit karang dan jika dilihat dari ketinggian bentuknya seperti bintang.

Biasanya pemandu wisata akan membawa turis ke Telaga Bintang sebelum atau sesudah ke Bukit Piaynemo. Jarak antara keduanya bisa ditempuh sekitar 10 menit perjalanan menggunakan boat.

 

  1. Sawinggrai

Desa Sawinggrai 1

Desa ini termasuk salah satu desa wisata paling terkenal di Raja Ampat. Yang paling menarik untuk disimak dari Desa Sawinggrai ini adalah pesona cenderawasihnya, mulai dari burung cendrawasih, dan juga icon cendrawasih di Papua yang bisa Anda saksikan di desa wisata Sawinggrai ini.

Ada empat spesies cendrawasih yang bisa anda temukan di desa wisata Sawinggrai diantaranya Burung merah Paradise, Bird Wilson Surga, Burung Kecil dari Surga, dan juga burung lebih dari surga. Beberapa burung tersebut dapat melakukan gerakan-gerakan yang menyerupai tarian unik. Tentu Anda akan terhibur dengan keberadaan burung-burung tersebut. Belum lagi Anda bisa melihat kebiasaan dan adat masyarakat di desa wisata ini. Aneka ragam wisata kuliner juga bisa Anda lakukan, wisata kuliner ini adalah wisata khas yang mungkin belum pernah Anda rasakan sebelumnya.

 

  1. Cape Kri

Cape Kri 1

Cape Kri adalah titik penyelaman yang wajib Kamu kunjungi saat berada di Raja Ampat. Wilayah ini berada di kawasan Pulau Kri, Desa Yenbuba, Distrik Meos Mansar, satu wilayah dengan pulau Waigeo, Kabupaten Raja Ampat.

Titik penyelaman di Cape Kri terkenal memiliki koleksi biota laut yang sangat lengkap. Ada lebih dari 450 spesies terumbu karang, ribuan jenis ikan, dan 6 spesies kura-kura akan menyambut kamu. Berbagai peninggalan perang dunia ke-2 yang telah menjadi terumbu karang akan menambah keindahan dan pengalaman diving kamu.

 

Tips Liburan Aman ke Raja Ampat

  1. Datang Dengan Rombongan Atau Ikut Trip Gabungan

Ongkos transportasi di Raja Ampat boleh dibilang lebih mahal dari daerah lainnya di Indonesia. Faktanya, harga bensin di Raja Ampat dua kali lebih mahal dari kota terdekat di Sorong!

Untuk mengakalinya, usahakan datang ke Raja Ampat secara grup. Jika datang dalam jumlah 10 orang atau lebih, Anda bisa membagi biaya sewa kapal dan bensin per hari yang jumlahnya mencapai jutaan. Biaya mahal tentu akan lebih ringan apabila dibayar bersama-sama.

Jika kamu hanya jalan sendiri di sarankan untuk ikut trip gabungan (Open Trip), karena sistem yang di pake adalah share cost jadi biaya akan jauh lebih murah. Klik untuk info trip gabungan Raja Ampat

 

  1. Cari Tiket Pesawat Murah

Selain biaya transportasinya yang selangit, harga tiket pesawat tujuan Sorong Papua juga terbilang sangat mahal.

Oleh sebab itu, usahakan untuk mencari tiket pesawat promo jauh-jauh hari sebelum tanggal liburan agar bisa mendapatkan tiket pesawat yang lebih murah.

Bila perlu, sering-seringlah mengikuti travel fair atau mengunjungi website maskapai penerbangan yang banyak memberikan promo dan diskon.

 

  1. Datang Pada Waktu Yang Tepat

Wisata di laut tentu tidak terlepas dari faktor cuaca, begitu pula di Raja Ampat. Jika datang pada musim dan bulan yang salah, dapat dipastikan traveler akan tertahan di dermaga tanpa memiliki kesempatan melaut akibat ombak yang tinggi.

Hal itu pun ditekankan oleh salah satu pengurus Badan Layanan Umum Daerah Raja Ampat, Adrian. Bahwa untuk menikmati indahnya Raja Ampat, traveler harus datang pada bulan tertentu saat kondisi laut tenang yaitu sekitar September-April.

 

  1. Memilih Paket Wisata dari Agen Perjalanan

Sebenarnya, Anda bisa melakukan rencana perjalanan Anda sendiri. Namun jika Anda tidak ingin repot-repot merencanakan perjalanan Anda, serta memiliki dana yang cukup, Anda dapat memilih paket wisata yang disediakan oleh agen perjalanan. Jangan khawatir, biasanya agen perjalanan memiliki banyak pilihan paket yang ditawarkan dan disesuaikan dengan dana yang Anda miliki. Tentu saja, Anda harus pastikan terlebih dulu agen perjalanan yang akan Anda gunakan jasanya memang terpercaya. Jangan sampai, Anda sudah keluar uang banyak namun ternyata agen perjalanan Anda malah menipu Anda. Cari Paket Wisata Raja Ampat? Klik di sini

 

 

Leave a Reply

Translate »