Tim dukungan pelanggan kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.

Already a member?

Login

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.

Already a member?

Login

7 Curug yang Ada di Geopark Ciletuh yang Bisa Dikunjungi

Geopark Ciletuh merupakan salah satu dari beberapa Geopark yang ada di Indonesia, Geopark Ciletuh berlokasi di Ciwaru, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat. Geopark Ciletuh merupakan objek wisata favorit di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Memiliki keanekaragaman geologi, hayati, dan budaya dan dikembangkan untuk sarana pendidikan, kawasan konservasi dan pembangunan berkelanjutan melalui pemberdayaan masyarakat, dengan dukungan regulasi serta infrastrukur dari pemerintah dan pihak swasta. Kawasan ini telah mendapatkan sertifikat sebagai geopark nasional dari Komite Nasional Indonesia untuk Unesco dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Salah satu objek wisata yang sangat terkenal disini adalah wisata air terjun kecil (curug). Berikut 7 curug yang ada di Geopark Ciletuh yang bisa dikunjungi.

1. Curug Sodong

Curug Sodong berada dalam satu kawasan dengan Curug Cikanteh dan Curug Sodong merupakan objek wisata air terjun di Geopark Ciletuh dengan akses yang paling mudah dijangkau. Anda bisa parkir kendaraan langsung di depan air terjunnya. Curug ini bisa menjadi pilihan pertama saat kamu berkunjung ke Geopark Ciletuh. Posisinya tersembunyi di balik cekungan sebuah bukit, membuat suasana di Curug Sodong sangat istimewa.

2. Curug Cikanteh

Curug Cikanteh merupakan salah satu curug yang memiliki panorama yang sangat indah dengan tiga tingkat yang menjulang tinggi. Lokasinya terletak di Dusun Cikanteh, Desa Ciwaru. Curug ini merupakan salah satu destinasi wisata yang gak boleh kelewatan jika berkunjung ke Geopark Ciletuh. Untuk menikmati curug ini, anda dapat menyusuri bebatuan atau jembatan untuk menyeberangi sungai kecil di bawahnya. Curug yang memiliki 3 tingkat ini sangat indah, hamparan alam serba hijau mengelilingi Curug Cikanteh, suara gemuruh air yang mengalir, dan letaknya yang masih asri, dan suasana alami. Asal usul nama Curug Cikanteh ternyata berasal dari nama sungai. Menurut masyarakat setempat, air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 60 meter ini berasal dari sungai Cikanteh. Oleh sebab itu namanya menjadi Curug Cikanteh.

3. Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung memiliki ciri khas yaitu deretan tebing-tebing raksasa yang berwarna coklat di sekelilingnya dan dari kejauhan kamu bisa melihat indahnya air terjun yang jatuh dari deretan perbukitan. Lokasi Curug Cimarinjung ini berada di Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Nama air terjun Curug Cimarinjung ini sendiri diambil dari nama desa tempat keberadaannya, Kampung Cimarinjung.

4. Curug Awang

Curug Awang ini terletak di Desa Taman Jaya, yang merupakan salah satu air terjun dari aliran Sungai Ciletuh. Curug Awang memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan lebar sekira 60 meter. Curug Awang dijuluki sebagai Niagara-nya Sukabumi, pesona curug ini dilengkapi dengan dinding batu alam yang berwarna coklat kemerahan sebagai karakteristik curug ini. Jalan menuju curug ini berupa jalan batu, melewati perkebunan sawit, jati, kelapa. Walaupun jalannya cukup sulit namun semua itu terbayarkan setelah kita melihat curug ini.

5. Curug Tengah

source

Curug ini diberi nama Curug Tengah karena lokasinya yang diapit oleh dua air terjun lainnya, yang merupakan keunikan dari curug ini. Pemandangan alam sekitarnya cukup hijau, kontras dengan danau yang terbentuk dari tumpahan air terjunnya juga sangat luas. Anda bisa bermain air atau berenang di danau kecil ini, tapi harus berhati-hati karena ada beberapa titik pada danau ini yang cukup dalam. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 5 meter dengan kontur geologis lembah yang lebih sempit ketimbang Curug Awang.

6. Curug Cikaso

Curug Cikaso berlokasi di kecamatan Surade. Curug Cikaso juga memiliki sebutan lain yaitu Curug Luhur. Uniknya curug ini adalah curug ini mempunyai 3 air terjun diantaranya curug meong, curug aki dan curug aesupan. Curug Cikaso mempunyai ketinggian 80 m dan lebar 100 meter ini menyajikan keindahan air terjun yang sangat luar biasa. Curug ini sangat cocok bagi anda yang sangat suka ketenangan. Disini ada banyak aktifitas yang bisa anda lakukan seperti berfoto, bermain air di air terjun, menikmati keindahan alam dengan naik perahu, memancing, camping, dan masih banyak yang lainnya.

7. Curug Puncak Manik

source

Curug Puncak Manik berlokasi di Kampung Pasir Ceuri, Desa Cibenda. Disini anda dapat melihat air terjun mulai dari Curug Awang, yang kemudian dilanjut oleh Curug Tengah. Tetapi, bagi anda yang ingin pergi ke Curug Puncak Manik ini anda harus memiliki nyali dan keahlian lebih guna menaklukkan licinnya jalur mendaki tebing curam dengan kemiringan hampir 90 derajat. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter.

Itulah pembahasan mengenai 7 curug yang ada di Geopark Ciletuh yang bisa di kunjungi. Untuk kamu yang ingin berlibur ke Geopark Ciletuh kami Raja Wisata menyediakan paket wisata Geopark Ciletuh yang bisa kamu cek di website kami disini.

Salam Liburan!

Leave a Reply

Translate »