Tim dukungan pelanggan kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!

Setelah sempat di tutup, kini Suspension Bridge jembatan terpanjang Sukabumi Bahkan kabarnya di Asia Tenggara, jembatan ini dibuka kembali pada September 2018. Pengelola mengumumkan jembatan terpanjang Sukabumi sudah dibuka untuk umum.

Pembangunan jembatan gantung ini atas prakarsa pihak swasta dan Kementerian Lingkungan Hidup. Dana yang dikeluarkan tak tanggung-tanggung, sejak bulan Mei 2017 tercatat dana yang sudah keluar lebih dari Rp 4 milyar.

Pembangunan jembatan gantung Situ Gunung ini diharapkan bisa bermanfaat untuk pengembangan wisata di Sukabumi. Apalagi dengan adanya lokasi destinasi lain dalam satu kawasan tersebut, yaitu Curug Sawer dan Situ Gunung.

Suspension Bridge memiliki panjang sekitar 245 m dan tingginya 87 m dari permukaan tanah. Suspension Bridge merupakan destinasi wisata baru yang paling diburu wisatawan lokal, maupun luar kota di kawasan wisata Situgunung, Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi.

Suspension Bridge 1

Secara normal jembatan gantung Suspension Bridge dapat diseberangi dengan durasi 5 hingga 7 menit sekali melintas, dijamin akan memacu adrenalin para pengunjung.

Tidak hanya disuguhi jembatan gantung terpanjang, wisatawan juga bisa menikmati air terjun Curug Sawer disisi jembatan, dan Danau Situgunung disisi ujung lainnya. Bahkan di area wisata Situgunung pengunjung bisa menjumpai binatang jenis Monyet maupun Lutung, yang masih berkeliaran bebas bergelantungan di Pohon Damar.

Curug Sawer

Buat kamu yang bertanya-tanya apakah jembatan ini aman? Jangan khawatir, Jembatan ini telah lulus uji sertifikasi dan tidak diragukan lagi standar keamanannya. Biasanya dalam pembangunan sebuah jembatan disyaratkan menggunakan 3 sling pada bagian bawahnya. Nah, jembatan Situgunung justru menggunakan 5 sling sekaligus.

Suspension Bridge 2

Selain itu, jembatan ini juga menggunakan kekuatan suspension bridge pada bagian atasanya, dan suspender pada bagian bawah. Jadi, kamu tidak perlu ragu lagi jika ingin mencobanya. Para petugas akan ditempatkan di titik start dan titik finish. Serta beberapa orang akan mengamati di sepanjang jembatan.

Mungkin itulah beberapa fakta tentang Situ Gunung Suspension Bridge, semoga bisa bermanfaat dan menambah ketertarikan sobat semua untuk bisa berkunjung dan menjaga potensi wisata yang satu ini.