Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.

Already a member?

Login

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.

Already a member?

Login

Ayo Berkunjung ke 3 Pulau (Kelor, Cipir, Onrust) di Kepulauan Seribu Yang Lekat Dengan Sejarah

Ada yang sudah pernah dengar Pulau Kelor, Pulau Cipir, dan Pulau Onrust belum?

Ok, untuk yang belum tau ketiga pulau ini berada di gugusan Kepulauan Seribu. Berbeda dengan pulau kebanyakan di Kepulauan Seribu yang merupakan pulau penduduk dan juga pulau resort. 3 Pulau (Kelor, Cipir, Onrust) ini merupakan pulau tidak berpenduduk dan juga tidak ada penginapan, bisa di bilang pulau ini adalah pulau kosong.

Yang menjadi keunikan dari 3 pulau (Kelor, Cipir, Onrust) ini adalah pulau ini lekat dengan peninggalan sejarah seperti di pulau Kelor yang terdapat benteng Monterrlo yang umurnya konon sudah berabad-abad lamanya.

Kabar baiknya adalah kamu bisa mengunjungi ke 3 pulau (Kelor, Cipir, Onrust) Sekaligus hanya dalam waktu satu hari dengan biaya yang lumayan murah. Klik Untuk Info Paket Trip ODT 3 Pulau (Kelor, Cipir, Onrust)

 

Pulau Kelor

Pulau Kelor dahulu dikenal dengan nama Pulau Kerkhof merupakan pulau yang berada pada gugusan Kepulauan Seribu. Secara administratif termasuk dalam wilayah Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu provinsi DKI Jakarta. Pulau Kelor terletak berdekatan dengan gugusan yang sama dengan Pulau Petondan Besar, Pulau Petondan Kecil, Pulau Kelapa, Pulau Onrust dan Pulau Bidadari.

Pulau Kelor 1

Pulau Kelor 2

Jaraknya ke Pantai Ancol sekitar 1,8 kilometer atau satu jam pelayaran dengan kapal motor. Di pulau ini terdapat peninggalan Belanda berupa galangan kapal dan benteng yang dibangun VOC untuk menghadapi serangan Portugis di abad ke 17. Di sini juga terdapat kuburan Kapal Tujuh atau Sevent Provincien serta awak kapal berbangsa Indonesia yang memberontak dan akhirnya gugur di tangan Belanda.

 

Pulau Cipir

Pulau Cipir disebut juga Pulau Kahyangan atau Pulau Kuipir merupakan salah satu pulau yang terletak di kepulauan Seribu. Pulau ini termasuk dalam wilayah administratif kelurahan Pulau Untung Jawa kecamatan Kepulauan Seribu Utara Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu provinsi DKI Jakarta. Pulau ini sudah mulai ditata untuk tujuan wisata. Di pulau ini terdapat peninggalan sejarah, yaitu sebuah benteng yang dibangun oleh Belanda pada zaman VOC. Disini ada sumber air tawar yang jernih dan bersih. Perjalanan ke pulau Kahyangan bisa ditempuh menggunakan perahu motor dengan waktu kurang lebih 45 menit.

Pulau Cipir 1 Pulau Cipir 2

Pulau Cipir menyimpan banyak sekali cerita sejarah sejak abad ke -19 (1911). Nuansa sejarah dapat kita rasakan mulai dari pintu masuk pulau ini. Pada pintu masuk pulau Cipir, kita akan disuguhkan sebuah prasasti tua. Pulau ini pada jaman Belanda dulu digunakan sebagai tempat karantina dan rumah sakit bagi jemaah haji. Seluruh calon jemaah haji dari seluruh Indonesia akan dikumpulkan terlebih dahulu di pulau ini untuk menjalani pemeriksaan kesehatan.

 

Pulau Onrust

Pulau Onrust merupakan salah satu pulau di Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta yang letaknya berdekatan dengan Pulau Bidadari. Pada masa kolonial Belanda, rakyat sekitar menyebut pulau ini adalah Pulau Kapal karena di pulau ini sering sekali dikunjungi kapal-kapal Belanda sebelum menuju Batavia. Di dalam pulau ini terdapat banyak peninggalan arkeologi pada masa kolonial Belanda dan juga sebuah rumah yang masih utuh dan dijadikan Museum Pulau Onrust.

Pulau Onrust 1 Pulau Onrust 1

Nama ‘Onrust’ sendiri diambil dari bahasa Belanda yang berarti ‘Tidak Pernah Beristirahat’ atau dalam bahasa Inggrisnya adalah ‘Unrest‘. Ada sumber lain yg mengatakan bahwa nama Onrust tersebut diambil dari nama penghuni pulau yang masih keturunan bangsawan Belanda, yaitu Baas Onrust Cornelis van der Walck.

 

 

Leave a Reply

Search For Dream Destination