Tim dukungan pelanggan kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
Rute Menuju Geopark Ciletuh dari Jakarta, Bogor, dan Bandung

Rute Menuju Geopark Ciletuh dari Jakarta, Bogor, dan Bandung

Rute Menuju Geopark Ciletuh – Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu saat ini jadi sorotan. Apalagi saat ini, Geopark Ciletuh sedang dalam penilaian untuk menjadi UNESCO Global Geoparks (UGG) atau world heritage (warisan dunia). Geopark Ciletuh adalah kawasan yang terdiri atas gunung dan pantai di serta komposisi batuan purba. Batuan itu muncul ke permukaan karena terendapkan dalam palung laut hasil penunjaman lempeng samudra di bawah lempeng benua pada Zaman Kapur, 50 – 65 juta tahun silam.

Buat kamu yang mau piknik ke Geopark Ciletuh weekend nanti, simak dulu rute menuju Geopark Ciletuh ini!

Dari Bandung

Bagi Kamu yang berasal dari Bandung, butuh waktu sekitar 8 jam untuk bisa sampai di Geopark Ciletuh ini. Tentunya dengan menggunakan kendaraan pribadi atauoun kendaraan umum. Rute perjalanan dari Bandung akan melewati Padalarang – Cianjur – Sukabumi – Pelabuhanratu – Jampang – Geopark Ciletuh. Disarankan untuk melakukan perjalanan di malam hari untuk menghindari kemacetan.

Akses jalan dari Bandung menuju Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu terbilang cukup baik. Hal ini menyusul pembangunan akses jalan secara masif yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat beberapa tahun terakhir di kawasan tersebut. Tidak hanya itu, lebar jalan yang tersedia juga pas-pasan. Sehingga, pengemudi harus tetap waspada saat berhadapan dengan kendaraan besar yang melaju dari arah berlawanan. Terkadang harus memperlambat kecepatan saat berpapasan.

Dari Jakarta atau Bogor

Bagi Kamu yang berasal dari Jakarta, Kamu bisa menuju tol Jagorawi, dan keluar di pintu terakhir, pintu Ciawi, Bogor. Setelah keluar, arahkan kendaraan lurus di perempatan Ciawi menuju ke Sukabumi. Sedangkan jika Kamu berasal dari Bogor bisa menggunakan tol baru Bocimi, keluar di Jalan Raya Sukabumi, atau pintu Benda. Jika menggunakan roda dua, bisa lewat Jalan Raya Cihideung-Cigombong lalu ke Jalan Raya Benda.

Dari sana, Kamu teruskan kendaraan ke arah Parungkuda di Jalan Raya Sukaraja-Sukabumi hingga pertigaan Pamuruyan. Di pertigaan tersebut ada pilihan jalur Cikidang atau Cibadak. Jalur Cikidang memang bisa memotong waktu hingga 1,5 jam, tetapi jalurnya kelokan tajam di sisi perbukitan dan jurang.

Bagi kamu yang ingin pergi saat malam hari, lebih baik untuk lewat Cibadak, meski lebih lama tetapi ramai dan lebih aman. Jalur Cibadak lebih landai walau juga banyak kelokan. Setelah keluar dari Cibadak atau Cikidang, Kamu bisa teruskan kendaraan arah Pelabuhan Ratu-Ciletuh. Sekitar 40 menit Kamu akan sampai daerah Bagbagan dan Simpang Loji. Di simpang loji inilah terdapat pertigaan, ke kanan jalan baru sedang ke kiri jalan lama menuju Geopark Ciletuh. Ambil lah jalur kanan, turun ke bawah, ke Cibutun, Muara Cisaar, lewat jembatan baru Cisaar.  Kamuakan berjalan di sisi pantai yang biru dengan angin sepoi-sepoi, melalui jalur berkelok dan naik turun tetapi tidak terlalu curam. Setelah sekitar 50 menit, Kamu akan disambut indahnya Puncak Darma, Kecamatan Ciemas.

Jalur ini bisa digunakan wisatawan baik dari Jabodetabek, maupun Bandung seteah masuk Sukabumi terlebih dahulu.

Terlepas melalui perjalanan panjang dan melelahkan, sepanjang perjalanan Kamu akan disuguhi pemandangan asri. pegunungan, pepohonan besar, hingga persawahan khas pedesaan bisa dinikmati selama perjalanan ke Geopark Ciletuh.

Butuh waktu sedikitnya 4 hari untuk bisa menikmati sebagian besar objek wisata di sana tanpa harus terburu-buru. Kamu bisa berkeliling ke objek wisata seperti Panenjoan, Curug Sodong, Curug Cimarinjung, Puncak Darma, Pantai Palangpang, serta Pulau Kunti.

Itulah rute terbaik untuk menuju kawasan wisata Geopark Ciletuh. Bagaimana weekend nanti siap untuk kesana? Ga mau repot untuk urusan jalanan? ambil paket tour Geopark Ciletuh saja di Raja Wisata atau ikut open trip nya disini

 

Eitss… Udah follow instagram Raja Wisata belum?

8 Rekomendasi Penginapan Di Geopark Ciletuh

8 Rekomendasi Penginapan Di Geopark Ciletuh

Penginapan – Geopark Ciletuh sebagai salah satu destinasi wisata baru yang sedang naik daun di Sukabumi, bisa menjadi alternatif pilihan untuk liburanmu. Letaknya yang berada tak jauh dari Jakarta dan dapat dijangkau dalam waktu 3-5 jam, membuat Geopark Ciletuh kini jadi buruan wisatawan.

Tak hanya berbagai objek wisata, di sekitar taman alam terbesar di Sukabumi tersebut juga menawarkan banyak pilihan penginapan menarik untuk wisatawan. Bahkan, beberapa penginapan tersebut di antaranya memiliki bangunan yang unik lho. Berikut 8 Rekomendasi Penginapan Di Geopark Ciletuh versi Raja Wisata.

VILLA RATU PANTAI

 

ratu pantai ciletuh

Villa Ratu Pantai terletak di Sukabumi dan menawarkan akomodasi sekelas hotel bintang 2 dengan balkon pribadi. Hotel bintang 2 ini menyediakan layanan resepsionis 24 jam dan layanan kamar. Kamar-kamarnya ber-AC, dilengkapi dengan meja dan Wi-Fi, serta menampilkan pemandangan sungai. Kamar-kamar di hotel ini memiliki lemari pakaian, TV layar datar, dan kamar mandi pribadi. Untuk menginap disini kamu cukup merogeh kocek mulai dari Rp 350 ribu permalamnya.

 

BALEKAMBANG


balekambang geopark ciletuh

Penginapan ini menyediakan beberapa tipe kamar. Seperti kamar cottage bertingkat, rumah atap segitiga ataupun kamar bertingkat biasa. Rata-rata, tiap kamar tersebut bisa menampung 6-10 orang. Balekambang juga menyediakan kamar AC dan Non AC. Untuk harganya, kamar yang non AC dipatok Rp 500 ribu per malam. Sementara kamar dengan AC harganya Rp 1 juta per malam. Setiap kamar juga telah dilengkapi berbagai fasilitas seperti televisi, kamar mandi, kipas angin, AC, dan free breakfast.

D’LEUIT HEXA

dleuit geopark ciletuh

Tak jauh dari Pantai Panglangpang, ada penginapan D’Leuit EXA. Lokasinya mudah ditemukan, karena bangunannya dari rumah kayu yang unik cukup mencolok. Jadi kalau ingin memilih D’Leuit sebagai penginapan kamu di Ciletuh harus pesan dari jauh-jauh hari karena hanya tersedia 4 kamar saja. Meski begitu, penginapan ini tergolong lengkap fasilitasnya. Kamarnya ber-AC dan pengunjung bisa menikmati tempat tidur besar, tv, kamar mandi shower, handuk dan sabun serta sampo. Dan juga tersedia sarapan pagi. Untuk bisa menginap di D’Leuit Exa kamu cukup merogoh kocek Rp 500 ribu permalamnya dan kamu juga bisa menambah kasur tambahan seharga Rp 100 ribu. Dengan begitu, kamar tersebut bisa diisi maksimal 5 orang.

 

VILA BATMAN

 

batman geopark ciletuh

Penginapan selanjutnya yang lokasinya bisa dibilang paling strategis adalah Villa Batman, sebab letaknya ada di dalam Pantai Palangpang. Bangunannya unik, yaitu berupa rumah-rumah kayu, sama seperti tipikal penginapan lain di Geopark Ciletuh. Homestay ini tidak menawarkan per kamar, tapi langsung satu rumah yang bisa menampung 15-30 orang. Untuk satu rumahnya harganya dipatok mulai dari Rp 1,5 juta hingga Rp 3 juta per malamnya. Untuk fasilitasnya, ada tempat tidur, AC, TV, listrik, dan closet.

SATRIA BAHARI

satria bahari geopark ciletuh

Villa Satria Bahari menawarkan akomodasi tepi pantai dengan taman, fasilitas BBQ, serta teras. Villa ini memiliki AC, 1 kamar tidur terpisah, 1 kamar mandi, area tempat duduk, dan TV layar datar. Tersedia juga sarapan halal setiap pagi di vila ini. Fasilitas lainnya disini juga menyediakan penyewaan mobil. Untuk 1 villadipatok harga mulai dari Rp 650 ribu permalamnya.

 

VILLA TENJO GUNUNG

 

Terletak di daerah Cilowa, Villa tenjo gunung menawarkan restoran, resepsionis 24 jam, dan pemandangan taman. Wi-Fi tersedia gratis. Di dalam datu villa terdapat juga teras, AC, TV, dan kamar mandi pribadi dengan shower dan perlengkapan mandi gratis. Untuk menginap disini kisaran harganya mulai dari Rp. 650 ribu permalam.

 

VILLA PANENJOAN

 

Penginapan yang berada di punggung bukit amphiteater raksasa Geopark Ciletuh ini menawarkan panorama alam yang menarik. Tersedia beberapa tipe kamar di penginapan ini seperti Kamar Double dengan satu tempat tidur atau dua tempat tidur. Penginapan ini menawarkan tipe kamar di dalam satu rumah jadi bisa diisi hingga beberapa orang. Bagi kamu yang tertarik menginap di Villa Panenjoan kamu harus merogoh kocek mulai dari 400 ribu per malamnya.

VANADA BUGEUL COTTAGE

penginapan geopark ciletuh

Terletak di Cimarinjung, Ciwaru, Ciemas, Sukabumi dari cottage ini kamu bisa bepergian ke Air Terjun Cimarinjung, Puncak Bunga, dan Pantai Pasir Putih Geopark, hanya dengan berkendara selama kurang dari 5 menit. Penginapan yang unik dan lokasinya yang strategis membuat Vanada Begeul Cottage dapat jadi pilihan yang tepat. Biaya per malam untuk menginap di sini berkisar mulai dari Rp 1,5 juta.

 

Bagaimana penginapan di Ciletuh tidak kalah kerennya kan? Yuk, buat kamu yang dalam waktu dekat ingin berlibur ke Geopark Ciletuh bisa menginap di salah satu penginapan tersebut lho. Kalau ngga mau repot, bisa langsung ambil paket wisata Geopark Ciletuh aja sama Raja Wisata. Klik disini untuk info lebih lanjut.

Jangan lupa follow instagram Raja Wisata yaa…

11 Destinasi Wisata Menarik Yang Harus Dikunjungi di Geopark Ciletuh

11 Destinasi Wisata Menarik Yang Harus Dikunjungi di Geopark Ciletuh

Di Sukabumi ada sebuah Geopark yang menawarkan pesona yang benar-benar tidak biasa. Geopark tersebut bernama Geopark Ciletuh. Sesuai dengan statusnya sebagai sebuah Geopark, kawasan ini menawarkan bentang alam yang unik di Sukabumi. Buat kamu yang berniat mengunjungi Geopark Ciletuh, berikut 11 destinasi wisata Geopark Ciletuh yang harus dikunjungi versi Raja Wisata.

 

1. Puncak Darma

Puncak Darma yang berada di ketinggian lebih dari 230 meter menawarkan pemandangan indahnya garis pantai di sana. Menjadi lokasi paling pas untuk bisa menyaksikan keindahan pantai, hutan, dan air terjun di Geopark Ciletuh. Kamu bisa menikmati sunrise dan juga sunset dari Puncak Darma. Perpaduan sawah dan hutan yang menghijau, aliran sungai, dan birunya laut, bakal membius kamu.

2. Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan merupakan spot untuk menikmati pemandangan alam di Geopark Ciletuh. Apalagi ada spot selfie yang cukup ngehits dengan background alam yang istimewa. Tak hanya sekadar menawarkan pemandangan indah, di Bukit Panenjoan juga terdapat banyak penginapan murah yang dapat kamu sewa untuk bermalam. Tiket masuk ke tempat wisata ini juga tidak terlalu mahal, karena hanya perlu membayar sekitar Rp 5 ribu per orang.

3. Pantai Palangpang

Pantai Palangpang mungkin bisa dibilang sebagai pintu masuk untuk menikmati indahnya laut yang ada di kawasan Geopark Ciletuh. Pasir pantai yang berwarna kecoklatan berpadu dengan laut yang indah. Tak hanya itu, garis pantainya yang luas sangat cocok untuk kamu yang ingin berjalan-jalan atau sekadar santai di sekitar bibir pantai. Jika kamu berniat mengunjungi Pantai Palangpang, kamu hanya perlu membawar sekitar Rp 5 ribu untuk biaya masuknya.

4. Curug Cimarinjung

Aliran air Curug Cimarinjung terlihat dari pantai Palangpang. Untuk sampai ke air terjun ini, kamu hanya perlu jalan kaki beberapa sekitar 1 km dari pantai. Dari dekat, aliran airnya cukup besar dan tampak megah karena tebingnya terdiri dari batuan besar yang di atasnya ditumbuhi tumbuhan hijau. Bebatuan di sini tampak tak biasa, melainkan terlihat klasik seperti bebatuan jaman purba.

5. Curug Sodong

Objek wisata di Geopark Ciletuh selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan adalah Curug Sodong. Banyak pula yang menyebut air terjun ini sebagai Curug Kembar. Curug Sodong memang memiliki dua aliran air yang cukup besar yang mengalir berdampingan. Di balik air terjun ini terdapat cekungan yang bentuknya menyerupai gua. Oleh karenanya, objek wisata ini disematkan kata “sodong” yang diambil dari bahasa Sunda yang berarti gua.

6. Curug Cikanteh

Objek wisata di Geopark Ciletuh selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan adalah Curug Sodong. Banyak pula yang menyebut air terjun ini sebagai Curug Kembar. Curug ini memang memiliki dua aliran air yang cukup besar yang mengalir berdampingan. Di balik air terjun ini terdapat cekungan yang bentuknya menyerupai gua. Oleh karenanya, objek wisata ini disematkan kata “sodong” yang diambil dari bahasa Sunda yang berarti gua.

7. Puncak Tugu

Puncak Tugu bisa dibilang sebagai salah satu spot paling pas untuk menikmati pemandangan alam Geopark Ciletuh bersama pasangan. Lokasinya yang mudah dijangkau dan panorama alamnya yang indah membuat destinasi wisata ini cukup populer di kawasan Geopark Ciletuh. Kamu juga bisa melihat sunrise, sunset, atau menyaksikan panorama malam hari yang indah dari tempat ini. Kamu juga bisa menginap dengan menyewa tenda yang disediakan di sana. Cukup siapkan uang sebesar Rp 5 ribu hingga 10 ribu untuk masuk ke Puncak Tugu.

8. Pantai Ujung Genteng

Mungkin kamu sudah cukup mengenal Pantai Ujung Genteng yang ada di Sukabumi. Ya, pantai yang masih termasuk kawasan Geopark Ciletuh itu sangat terkenal akan keindahan alamnya. Saat tiba di sana, kamu akan disambut pasir putih pantai yang indah dan bibir pantai yang bersentuhan langsung dengan Samudera Hindia. Jadi wajar saja, jika Pantai Ujung Genteng memiliki garis pantai yang cukup panjang, yaitu sekitar 16 km.

9. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja merupakan tempat yang pas didatangi untuk belajar surfing. Ombak yang ideal untuk berselancar dan garis pantai yang panjang, membuat beraktivitas disini sangat menyenangkan.

10. Curug Awang

Bagi yang ingin mengunjungi curug ini, kamu harus bersiap melintasi jalanan yang terjal di tengah hutan dan perkebunan milik warga setempat. Kamu harus menempuh perjalanan beberapa ratus meter sebelum mencapai pintu masuk curug dan berhati-hati saat mengendarai kendaraanmu. Meskipun cukup sulit, semuanya akan terbayar dengan pemandangan indah dari Curug Awang. Sayangnya, karena debit airnya yang besar, kamu tidak disarankan untuk bermain air di sana.

11. Pulau Kunti

Dari sekian banyak tempat menarik di kawasan Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, ada sebuah pulau yang cukup indah, yaitu Pulau Kunti. Meski namanya menjadi perdebatan, apakah berasal dari nama Dewi Kunti dalam dunia pewayangan atau kisah kuntilanak sejenis hantu gentayangan khas Indonesia. Pulau Kunti bisa menjadi pilihan eksplorasi para wisatawan yang mendambakan suasana alami. Selain menikmati indahnya panorama pantai, para pengunjung juga bisa melakukan diving, snorkling, dan memancing

 

Itulah 11 Destinasi Wisata Menarik Yang Harus Dikunjungi di Geopark Ciletuh versi Raja Wisata. Jika kalian tidak ingin repot untuk mengunjungi Geopark Ciletuh bisa ambil paket tour di kami lho. Atau ikut Open Tripnya aja! Klik detail untuk info lanjutnya.

Jangan lupa follow instagram Raja Wisata yaa…

8 Resort Di Raja Ampat Dengan Harga Terjangkau

8 Resort Di Raja Ampat Dengan Harga Terjangkau

8 Resort di Raja Ampat dengan harga terjangkau – Liburan ke Raja Ampat mahal? Sebenernya relatif. Tetapi jika dibandingkan dengan destinasi liburan lain di Indonesia, berlibur ke Raja Ampat memang membutuhkan budget yang sedikit lebih tinggi. Tapi untuk penginapan, tidak semua akomodasi di Raja Ampat menguras kantong. Banyak resort di Raja Ampat dengan harga yang cukup terjangkau.

Jika kamu memiliki rencana dalam waktu dekat berlibur ke Raja Ampat, inilah 8 resort di Raja Ampat dengan harga terjangkau dari Raja Wisata.

Hamueco Raja Ampat Dive Resort

Lokasi penginapan murah ini tepatnya ada di Pantai Saeo, Waigeo Selatan, Raja Ampat. Biaya penginapan di sini sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp 800ribu per malam. Meskipun penginapan ini harga terjangkau, tapi fasilitas yang ditawarkan tidak kalah bagus dan lengkap. Kalian juga bisa menikmati indahnya pemandangan sekitar di waktu pagi, sore maupun senja hari. Kamu juga bakalan dapat gratis makan tiga kali sehari, yaitu sarapan, makan siang, dan makan malam.

Raja Ampat Dive Lodge

Fasilitas yang ditawarkan oleh penginapan ini sangat lengkap, tersedia juga fasilitas wifi, diving dan dining yang memungkinkan kamu menikmati keindahan laut Pulau Mansuar, Raja Ampat. Harga permalam di Raja Ampat Dive Lodge ini  mulai dari 3,5 juta rupiah. Supaya lebih murah, ajaklah teman atau rekan kerjamu untuk liburan bersama. Lumayan kalian bisa memangkas 50% dari biaya penginapan yang harusnya dibayarkan jika kalian traveling sendirian.

Korpak Resort

Korpak Resort Raja Ampat

Korpak resort ini terletak di Waigeo. Hanya 10 menit menggunakan kendaraan dari Waisai menuju resort ini. Resort ini termasuk baru dengan konsep penginapan diatas laut (floating cottage) dan harga mulai dari 2.000.000 per kamar per malam. Korpak resort menjadi incaran wisatawan yang hendak ke Raja Ampat dikarenakan konsep cottage diatas laut.

 

Mansuar Raja Ampat Bungalows

Pantai berpasir putih, pemandangan laut serta diving spot yang gampang dijangkau menjadikan Mansuar Raja Ampat Bungalows menjadi salah satu penginapan yang difavoritkan banyak wisatawan. Selain itu, kamu juga akan dimanjakan dengan panorama yang menyejukkan dan pegunungan karst di halaman depan. Tempat ini dijamin akan membuatmu malas pulang. 😀

Raja Ampat Dive Resort

raja ampat dive resort

Raja Ampat Dive Resort yang terletak di Waigeo ini menawarkan akomodasi liburan tepi laut yang menakjubkan, dengan layanan full-board. Setiap kamar ber-AC di Raja Ampat Dive Resort. Raja Ampat Dive Resort ini dimiliki oleh mantan Puteri Indonesia loh, siapa dia? Ya Nadine Chandrawinata. Harganya cukup terjangkau mulai dari 1jt an per malam. Yuk kesini kalau beruntung kalian bisa ketemu Nadine langsung

Gurara Dive Resort Raja Ampat

Terletak di Waisai, Raja Ampat. Hotel di Raja Ampat ini menjaminkan pengalaman menginap yang menyenangkan bagi para tamu dengan harga tipe standard mulai dari 1jt per malam dan tipe deluxe 1.6jt per malam. Beberapa fasilitas terbaik yang bisa Anda nikmati di Resort ini antara lain : Resepsionis 24 jam, restoran, coffee shop, karaoke, dan ruang keluarga. Dengan pelayanan dan fasilitas yang mengagumkan, Gurara Dive Resort Raja Ampat dapat memenuhi kebutuhan menginap kamu.

TPK48 Resort

tpk resort

Satu lagi konsep penginapan diatas laut ada di Raja Ampat, TPK48 Resort terletak di Pulau Waigeo hanya 15 menit menuju resort ini dari Pelabuhan Waisai menggunakan kendaraan. Harga penginapan mulai dari 1.5jt per malam. Fasilitas kamar cukup lengkap AC, water heater dan kamar mandi dalam. Kamar diatas laut hanya 6 jadi sebaiknya booking jauh-jauh hari untuk menginap disini.

Waiwo Dive Resort Raja Ampat

Terletak di Jl. Marinda Waiwo, Waigeo, Raja Ampat, para tamu dapat menikmati akses mudah ke destinasi yang wajib dikunjungi di tempat ini. Di Waiwo Dive Resort, banyak fasilitas untuk membuat tamu merasa nyaman. Hotel di Raja Ampat ini menyediakan pelayanan yang terbaik, seperti : AC di kamar, layanan kamar, resepsionis 24 jam, dan kamar untuk keluarga. Bapak Presiden Joko Widodo pernah menginap di resort ini loh.

 

Dan itulah rekomendasi resort di Raja Ampat dengan harga terjangkau versi Raja Wisata. Jika kalian tidak ingin repot untuk ke Raja Ampat bisa ambil paket tour di kami dengan harga mulai dari 3jt an per orang tentu nya dengan minimal keberangkatan 10 orang klik detail. Atau bisa gabung open trip kami dengan menghubungi atau WA admin kami di 0812 6557 6555.

Jadiiii… Kapan lagi ke Raja Ampat kalau bukan sekarang (tiket tambah mahalll lohh..)

Sssttt…open trip kami masuk rekomendasi di detik travel loh

Desa Unik di Indonesia

Desa Unik di Indonesia

Indonesia memang kaya akan budayanya dan beragam wisata alam yang tersebar merata. Namun, tak ketinggalan juga dengan macam-macam keunikan dari setiap daerah. Misalnya beberapa desa yang kerap disebut unik oleh masyarakat karena hanya satu-satunya di Indonesia. Wah, desa mana aja ya? Berikut ulasannya!

Desa Bengkala, Hampir Semua Penduduknya Tuli

Di Desa Bengkala, Kabupaten Buleleng, Bali merupakan desa unik di Indonesia. Sebagian orang berbicara menggunakan bahasa isyarat, karena banyak warganya yang mengidap penyakit bisu dan tuli sejak lahir. Oleh sebab itulah, bahasa yang memungkinkan untuk digunakan di desa tersebut adalah bahasa isyarat dengan tangan.

Persentase warga tunarungu di Desa Bengkala memang terbilang cukup tinggi. Hal ini disebabkan gen yang disebut DFNB3 dan telah ada dari nenek moyang mereka selama 7 generasi. Namun warga desa juga percaya, banyaknya penderita tuli karena adanya kutukan, yang berawal dari cerita legenda atau sejarah akan keberadaan warga tunarungu tersebut.

 

Dusun Unik Di Indonesia bernama Ulutaue, Ditempati Oleh “Manusia Kepiting”

Desa unik lainnya berada di Dusun Ulutaue, Kec  amatan Mare, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Di desa ini, nyaris seluruh penduduknya memiliki ‘jari-jari kepiting’. Mulai dari masyarakat yang berusia lanjut hingga anak-anak di bawah lima tahun memiliki jari-jari yang terbelah menjadi dua hingga mirip capit kepiting.

Meski memiliki ‘keunikan’ yang terbilang langka, masyarakat Dusun Ulutaue tak pernah malu dengan warga desa lainnya. Bahkan hal ini sudah dianggap biasa. Mereka tak pernah mengeluh walau terkadang kondisi tersebut mempersulit pekerjaan mereka sehari-hari sebagai nelayan.

 

Kampung Pitu, Hanya Bisa Dihuni oleh Tujuh Keluarga

Keunikan lainnya berada di Kampung Pitu, tepatnya di Puncak Timur Situs Gunung Api Purba Nglanggeran, Yogyakarta. Dikatakan unik lantaran tempat tersebut hanya bisa ditinggali oleh tujuh kepala keluarga, tidak boleh kurang atau lebih. Bahkan, menurut cerita, keluarga yang tinggal adalah keturunan dari Eyang Iro Kromo. Beliau adalah seorang abdi dalem yang telah berhasil menjaga keris sakti dan Kampung Pitu sebagai hadiahnya. Namun dengan syarat, kampung itu hanya boleh dihuni oleh keturunannya kelak.

 

 

 

Desa Kaimbulawa, Penduduknya Bermata Biru

Berlokasi di Desa Kaimbulawa, Kecamatan Siompu, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, kamu akan menemukan anak negeri yang memiliki mata biru. Hal ini bisa terjadi karena terdapat sejarah di baliknya. Mata biru yang dimilikinya merupakan sebuah warisan dari orang-orang Portugis. Bermula dari abad ke-16, Desa Kaimbulawa sempat dikuasai oleh Bangsa Portugis. Meski begitu, para warga asli desa dan bangsa luar tersebut tetap berhubungan baik. Sampai-sampai Bangsa Portugis diperbolehkan untuk meminang gadis asli desa tersebut.