Tim dukungan pelanggan kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!

Raja Ampat, Surganya Menyelam di Indonesia

Indonesia memiliki puluhan spot diving yang terkenal dan sangat indah. Hal ini disebabkan karena perairan Indonesia merupakan pusat dari Coral Triangle, sehingga fauna-fauna yang unik dan langka, semua dimiliki Indonesia. Dua per tiga coral dan bio diversity dunia pun ada di negeri ini.

Raja Ampat merupakan salah satu spot diving pilihan dari berbagai destinasi wisata bahari terbaik yang dimiliki Indonesia. Keindahan bawah lautnya berhasil membuat Raja Ampat mendapatkan banyak penghargaan sebagai spot diving terbaik terutama dari luar negeri. Maka, tak heran banyak wisatawan asing yang ingin mengunjungi Raja Ampat.

Berikut 8 spot diving terbaik di Raja Ampat :

  1. Cross Wreck

Spot menyelam ini menyuguhkan tidak hanya pesona alam bawah laut yang indah tetapi juga dapat melihat bangkai kapal Angkatan Laut Jepang yang tenggelam saat Perang Dunia II di kedalaman 18 meter. Penyelam dapat mengeksplor bangkai kapal tersebut dan melihat kehidupan ikan – ikan yang hidup di dalam bangkai kapal tersebut.

2. Blue Magic

Spot ini terletak di antara Pulau Kri dan Pulau Waisai. Dikenal dengan nama Blue Magic karena merupakan representasi dari keindahan air laut yang berwarna biru menawan, yang disempurnakan oleh kecantikan terumbu karang dan keragaman biota laut lainnya. Jika beruntung, penyelam juga bisa Hiu Blacktip Reef dan Grey Reef atau melihat Manta. Sayangnya, karena arusnya yang cukup kuat, spot ini disarankan untuk penyelam yang sudah berpengalaman.

3. Batu Lima

Jika Blue Magic adalah spot untuk penyelam berpengalaman, penyelam pemula memiliki Batu Lima. Spot ini terletak di Selat Dampier. Arusnya tidak terlalu kuat karena tertahan oleh batu karang yang berukuran besar. Dengan menyelam beberapa meter saja, terumbu karang cantik berwarna ungu sudah bisa terlihat dengan jelas. Aneka biota laut juga sudah siap memanjakan mata, termasuk si langka Hiu Blacktip Reef. 

4. Pulau Misool

Salah satu destinasi di Raja Ampat adalah Pulau Misool. Pulau Misool adalah salah satu dari empat pulau besar di Kepulauan Raja Ampat. Untuk mencapai Pulau Misool, diperlukan waktu berlayar sekitar 5 jam dari Sorong. Pulau ini berbatasan langsung dengan Laut Seram dan merupakan bagian dari daerah segitiga karang dunia. Sekitar 75 persen penghuni di laut ini adalah ikan hias. Tak heran, jika banyak yang menyebutnya sebagai salah satu ‘surga’ bagi biota laut.

5. Pulau Kri

Pulau Kri dikenal sebagai salah satu pulau yang menawarkan lokasi snorkeling dan menyelam yang sangat indah. Ombaknya yang cenderung tenang membuat Pulau Kri menjadi pilihan pertama yang dituju untuk bentuk aktivitas olahraga air. Menyelam di Pulau Kri akan memberikan pengalaman sangat berkesan. Ramainya ikan dan terumbu karang di perairan ini, membuat pancaran sinar matahari dari permukaan laut  tidak bisa menembus hingga ke dalam. Berbagai ikan dan karang yang bisa ditemui di titik ini adalah ikan hiu karpet, kakap, fusilier, sweetlips, butterlyfish dan angle fish.

6. Selat Dampier

Selat Dampier mempunyai keunikan tersendiri karena menawarkan gua – gua laut untuk dieksplorasi. Spot ini juga merupakan salah satu pilihan untuk penyelam pemula karena dinilai lebih aman. Di perairan ini, penyelam dapat berjumpa dengan berbagai macam ikan besar antara lain ikan hiu, cakalang, tuna, kakap, kerapu, bobara, dan barakuda. Selain itu spot ini juga merupakan tempat singgah bagi paus, lumba-lumba dan duyung.

7. The Passage

The Passage berupa sebuah ngarai sempit yang terletak di antara Pulau Gam dan Waigeo. Bentuknya mirip seperti sungai dengan kedalaman sekitar 20 meter. Jika ingin menyelam di sini, pastikan penyelam sudah mahir dan berpengalaman. Arusnya cukup kuat dan tak terduga. Usahakan untuk datang sebelum jam 12 siang agar mendapat pencahayaan yang pas. Sebab, ketika matahari sudah bergeser, cahaya akan menjadi sangat minim.

8. Arborek

Arborek merupakan salah satu spot pilihan untuk belajar menyelam secara bertahap mulai dari satu, dua, tiga, hingga 15 meter. Selain belajar menyelam dengan aman, di Arborek juga bisa menyaksikan gerombolan ikan dan terumbu karang lunak indah warna-warni. Selain untuk wisata bahari, terdapat juga desa wisata Arborek dimana wisatawan bisa mengenal masyarakat lokal.

Recharge vitamin sea-mu di Raja Ampat yuk! Jangan khawatir, jika kamu belum memiliki lisensi menyelam atau berpengalaman sebagai penyelam, ada juga spot – spot yang bisa kamu kunjungi untuk snorkeling!

Raja Wisata siap membantu mengatur perjalananmu ke Raja Ampat!

Info lebih lanjut atau reservasi wisata dapat hubungi Raja Wisata

MORE INFO
www.raja-wisata.com

Instagram : @raja_wisata
Sari : 08111 315 335
Ahmad : 0812 9143 4965

Source : berbagai sumber dan photo dari IDN Times

Leave a Reply

SEARCH FOR TOUR


Get a Question?

Do not hesitage to give us a call. We are an expert team and we are happy to talk to you.

08111 808 194

[email protected]

RECOMMENDED DESTINATION

Pulau Pari Marina

Pulau Bidadari

Pulau Kaliage

Pulau Tidung Marina