Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.

Already a member?

Login

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.

Already a member?

Login

Kumpulan Fakta Menarik Tentang Gili Trawangan

Gili Trawangan kini jadi salah satu destinasi favorit di Nusa Tenggara Barat. Bila berencana ingin menyambangi provinsi itu, para turis pasti menyematkan destinasi Gili Trawangan sebagai tujuannya.

Selain Bali tentunya Gili Trawangan yang berada di pulau Lombok ini sangat menarik untuk diketahui informasinya, bagi anda yang belum pernah menikmati keindahan pulau tersebut, anda bisa menemukan informasinya melalui internet dan tentunya sejumlah fakta unik dan menarik mengenai pulau Gili Trawangan tersebut menjadi hal penting sebagai sedikit panduan anda di pulau tersebut.

Berikut adalah fakta menarik mengenai gili terawangan

  1. Pulau bekas pengasingan para pembrontak

Pulau yang kini ramai wisatawan, siapa sangka dulunya adalah pulau yang menjadi tempat pengasingan atau pembuangan para tahanan pemberontak. Pada jaman kerajaan, raja yang berkuasa menjadikan Gili Trawangan sebagai pembuangan 350 pemberontak. Sekitar tahun 1970 dijadikan persinggahan oleh orang-orang bugis dan akhirnya menetap bersama warga Sasak dan Bali.

  1. Tanpa kendaraan bermotor

Tidak ada kendaraan bermotor di Gili Trawangan sesuai aturan lokal. Sarana transportasi berupa Cidomo, sebuah gerobak yang ditarik seekor kuda, Cidomo inilah yang biasa lalu lalang di jalan-jalan Gili Trawangan, sarana transportasi lainnya adalah sepeda kayuh. Keberadaan Cidomo tersebut juga dibatasi sesuai aturan yang ada. Anda bisa merasakan suasana alam tanpa polusi, apalagi pada pagi hari alamnya terasa menyegarkan.

  1. Dihuni banyak kucing

Bagi anda pecinta kucing ada baiknya menikmati fakta akan keberadaan kucing ini di Gili Trawangan. Pada sejumlah tempat terkadang terlihat kucing yang lalu-lalang di jalanan. Penduduk di Gili Trawangan sangat menghargai keberadaan kucing, di kawasan ini juga terdapat klinik khusus untuk kucing lengkap dengan toko makanan kucing. Walaupun demikian keberadaan kucing tersebut tetap dikontrol oleh komunitas pecinta hewan, mengontrol juga reproduksi kucing tersebut agar jumlahnya terpantau dan nantinya tidak mengganggu wisatawan.

  1. Hukuman bagi pencuri

Di Gili Trawangan hukuman bagi pencuri terbilang berat, selain diserahkan ke pihak berwenang, sebelumnya mereka harus kena sanksi sesuai aturan setempat, mereka yang ketahuan dan tertangkap tangan mencuri akan diarak keliling pulau oleh petugas keamanan setempat yang disebut sebagai Scurity Island, pencuri tanpa mengenakan baju, dipakaikan juga kalung dengan tulisan “Saya Pencuri” setelah diarak keliling tidak diijinkan lagi tinggal di Gili Trawangan. Aturan tersebut berlaku untuk warga lokal dan juga wisatawan.

  1. Menyaksikan sunset dan sunrise sekaligus

Pulau Gili Trawangan adalah pulau kecil, dikelilingi oleh pantai indah, tentu pada beberapa bagiannya menghadap ke Timur dan ke Barat, sehingga pada tempat-tempat tersebut bisa menyuguhkan keindahan alam matahari terbit dan juga matahari terbenam. Jarak antara sisi Barat dan Timur tidak terlalu jauh dan bisa dijangkau dengan mudah bahkan dengan cara berjalan kaki. Jadi di sebuah pulau anda bisa menyaksikan keindahan alam tersebut sekaligus dengan mudah.

  1. Keliling pulau hanya berjalan kaki

Ukuran pulau Gili Trawangan hanya 3 x 2 km, sehingga tidak mengherankan pulau tersebut bisa dikelilingi dengan mudah hanya berjalan kaki saja, di setiap sudutnya menyuguhkan keindahan, sehingga jika anda hobi trekking, jika berlibur ke sini sempatkan juga keliling pulau berjalan kaki, mulai pagi harinya menyaksikan sunrise di ujung Timur dan sore harinya di ujung Barat menyaksikan sunset.

  1. Dunia gemerlap malam

Di Gili Trawangan semakin larut malam bukannya semakin sepi tetapi malah semakin ramai. Kehidupan malam dengan nuansa pesta di kawasan ini adalah fakta menarik yang membuat sejumlah wisatawan yang ingin menikmati hingar bingar malam dengan suasana berbeda akan memilih tempat ini, bisa nongkrong di restaurant, mendengarkan live musik ditemani oleh deburan ombak. Pusat lokasinya dari dermaga fast boat ke kiri, sedangkan yang ke kanan suasana malamnya lengang.

  1. Didominasi turis asing

Memang diakui walaupun minat dan antusias pengunjung wisatawan domestik ke Gili Trawangan cukup lumayan, tetapi kalau diperhatikan pengunjungnya lebih didominasi turis asing. Sehingga suasananya seperti kampung orang asing, seperti layaknya pantai-pantai di Hawai berikut keberadaan cafe di pinggir pantai yang konsepnya internasional, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing.

  1. Lokasi dan harga hotel

Lokasi strategis di pinggir pantai lebih banyak digunakan sebagai hotel dan restaurant. Sedangkan warga lebih banyak tinggal pada bagian tengah pulau. Harga hotel di pinggir pantai ataupun dekat keramaian akan berbeda jauh dengan hotel yang berada di tengah. Jadi lokasi hotel sangat menentukan harga, walaupun fasilitas yang ditawarkan sama. Pada bagian tengah ditawarkan juga penginapan sederhana seperti kos-kosan jadi harganya juga lebih murah.

  1. Harga kebutuhan lebih mahal

Sudah bisa dimaklumi, transportasi yang cukup sulit, dimulai dari distribusi barang-barang baik itu untuk kebutuhan papan dan pangan. Untuk akses ke Gili Trawangan sendiri hanya bisa dijangkau dengan perjalanan laut baik itu fast boat ataupun perahu tradisional, setelah sampai di gili trawangan mengangkutnya hanya bisa dengan gerobak kuda. Jadi tidak mengherankan barang kebutuhan di sini menjadi lebih mahal dibandingkan tempat lainnya.

Demikian beberapa fakta unik dan menarik di Gili Trawangan, sehingga tempat tersebut menjadi lebih diminati oleh wisatawan, salah satunya adalah system keamanan yang dikawal oleh Security Island bisa membuat yang tinggal di pulau tersebut tenang, aman dan nyaman.

Leave a Reply

Search For Dream Destination

Recent Tours

Open Trip Sumba 4D3N

Kepulauan Kei

Dieng Plateau Tour